Yacumama, monster ular raksasa dari Amazon!

Yacumama… Pernahkah Anda mendengar nama ini? Saya yakin sebagian kecil dari kalian pernah samar-samar mendengar nama ini. Dari film atau majalah mungkin? Yuk kita bahas! Yacumama adalah nama yang diberikan oleh suku Indian di hutan Amazon kepada seekor ular raksasa yang tinggal di daerah sekitar muara sungai Amazon. Banyak legenda suku-suku Indian Amerika Selatan yang menceritakan tentang ular raksasa ini. Menurut salah satu legenda, Yacumama akan menyedot semua yang bergerak di sekitarnya.

misteri-yacumama-ular-raksasa-amazon

Hutan Amazon sangat luas dan merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Hutan Amazon menyimpan keanekaragaman hayati hutan terlengkap di dunia. Setiap beberapa tahun, selalu ada penemuan spesies baru di hutan Amazon, entah berupa spesies katak baru, spesies kura-kura sungai baru, spesies ikan sungai baru, dan lain sebagainya. Sungai Amazon yang merupakan sungai terbesar kedua di dunia setelah sungai Nil merupakan pemberi makan bagi jutaan spesies baik hewan maupun tumbuhan.

Apakah Yacumama itu?

Yacumama sebenarnya adalah Ular Anaconda. Tidak ada yang aneh sampai di sini karena Hutan Amazon adalah habitat alami dari Anaconda. Yang aneh adalah Yacumama jauh lebih besar dari ular Anaconda pada umumnya! Setidaknya menurut beberapa sub suku Indian yang mendiami Amerika Tengah hingga Amazon. Menurut catatan suku Aztec di Amerika Tengah, ada seekor ular raksasa di kegelapan Amazon dan mereka menganggapnya titisan dari Quetzalcoatl, salah satu dewa Aztec. Suku-suku Indian lain juga mempunyai legenda ular raksasa dan mereka semua menunjuk ke satu tempat, sungai Amazon!

Sebuah suku pribumi Amazon berkata bahwa Yacumama mampu membendung sungai kecil saking besarnya. Mereka menggambarkan bahwa monster ini memiliki panjang 160 kaki atau sekitar 50 meter! Ular terpanjang yang pernah ditemukan di dunia adalah Titanoboa dari hutan Kolombia. Ular Titanoboa memiliki panjang 13 meter. Jadi jika Yacumama benar-benar ada maka panjangnya lebih dari 3 kali lipat Titanoboa!

Catatan

Colonel Fawcett

Pada tahun 1906, seorang penjelajah kenamaan, Colonel Percy Fawcett, mengklaim bahwa dirinya bertemu Anaconda raksasa di sungai Amazon. Dia menggambarkan Anaconda itu memiliki panjang 62 kaki atau sekitar 20 meter.  Colonel Fawcett berkata bahwa dia juga mendengar dari The Brazillian Boundary Commision bahwa Anaconda yang ditemukannya lebih kecil dari satu Anaconda yang ditemukan di Rio Paraguay. Anaconda Rio Paraguay mencapai panjang 80 kaki atau sekitar 24-25 meter.

 photo PercyFawcett.jpg

Sejauh ini para peneliti Barat beranggapan bahwa Anaconda Rio Paraguay dan Anaconda Fawcett adalah dua Anaconda terbesar yang pernah ditemukan manusia. Mereka meragukan bahwa ada Anaconda lain yang lebih besar dari kedua monster itu. Mereka beralasan jika ada Anocanda lain yang lebih besar maka raksasa tersebut akan mudah untuk ditemukan.

Mike dan Greg Warner

Pada pertengahan 2009, seorang ayah dan anaknya, Mike dan Greg Warner, melakukan ekspedisi memburu Yacumama jauh masuk ke dalam rimba Amazon. Mike dan anaknya menemukan banyak jejak ular Anaconda dengan perkiraan panjang hingga 40 meter! Mike dan Greg telah mengambil lebih dari 700 foto yang kesemuanya memperlihatkan banyak alur-alur bekas jejak ular. Yang membedakan dengan jejak-jejak ular lain adalah ukurannya. Mike menggambarkan bahwa jejak ular yang dia temukan begitu besar sehingga dia mungkin akan pingsan kalau bertemu langsung dengan sang pembuat jejak! Mereka juga mewawancarai para penduduk pribumi dan beberapa dari mereka berkata bahwa Yacumama dapat menerkam seekor monyet yang berada di pohon.

Kesimpulan

Apakah Yacumama benar-benar ada? Kalau kita simak pernyataan Colonel Fawcett jelaslah bahwa Anaconda yang dia temukan bukanlah Yacumama. Berdasarkan banyak keterangan orang Indian, Yacumama memiliki panjang hingga 50 meter, jauh lebih besar dari yang ditemukan Fawcett dan satu yang mati di Rio Paraguay. Sedangkan jika kita merujuk pada ekspedisi ayah-anak Mike dan Greg Warner, mereka hanya menemukan foto-foto jejak ular raksasa. Namun sejauh belum ditemukan bukti foto atau video dari Yacumama tentu kita tidak dapat menyatakan bahwa Yacumama benar-benar ada. Yacumama masih menjadi misteri di balik kegelapan Amazon!

Credit: Salem News, Second Opinion

Leave a Reply