Suara-suara misterius di dunia yang sampai sekarang belum bisa dijelaskan!

Di dunia ini terdapat berbagai misteri dan nampaknya keberadaan misteri bermula bersamaan dengan kemunculan peradaban manusia. Sebagian misteri telah terpecahkan namun sebagian lain belum. Beberapa diantaranya adalah suara-suara misterius yang akan diceritakan di artikel kali ini. Siapkah kamu untuk mengetahuinya?

Slow Down

Suara misterius ini direkam pada 19 Mei 1997 di tengah-tengah Samudera Pasifik oleh U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration. Suara ini dinamai “Slow Down” karena suara ini terus menerus mengecil hingga menghilang dalam waktu sekitar 6 atau 7 menit. Suara ini direkam oleh hydrophone mandiri dan dideteksi di koordinat 15’S 115’W/15’S 115’W/ -15;-115. Para ilmuwan berhipotesis bahwa suara ini disebabkan oleh pergeseran bongkahan es di bawah permukaan laut namun nampaknya penjelasan ini terlalu prematur karena suara ini tidak terlalu mirip dengan suara gesekan antara bongkahan es.

Electronic Voice Phenomena (EVP)

EVP adalah penamaan terhadap suara melengking atau jeritan yang biasa terdengar di berbagai tempat menyeramkan. Fenomena suara ini juga disebut dengan auditory pareidolla. Jika kamu sering mengikuti berbagai acara pemburu hantu kamu mungkin pernah mendengarkan EVP. Sampai sekarang EVP belum dapat dijelaskan secara logis.

Quacker

Quacker adalah suara misterius mirip suara bebek yang didengar oleh para awak kapal sebuah kapal selam Uni Soviet yang melintas di Samudera Artik Utara. Suara ini terdengar berkali-kali dan menyebabkan kapal selam Soviet mengejarnya namun bagaimanapun mereka berusaha untuk mengejar, obyek yang diduga sumber suara selalu berhasil lolos karena obyek itu mampu selalu bergerak menjauhi jangkauan radar sonar dengan kecepatan 200 km/jam. Pada tahun 1974 sebuah kapal selam lain juga mendengar “suara bebek” ini dan lagi-lagi mereka gagal mengejar sumber suara. Dinamai Quacker karena dalam bahasa Inggris, suara bebek terdengar seperti “quack”. Hingga saat ini, fenomena Quacker belum dapat dijelaskan secara logis.

The Bloop

Bloop, sama seperti Slow Down, dideteksi oleh U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration pada tahun 1997. Yang mengejutkan adalah sumber suara ini diperkirakan terletak di kedalaman 5000 km di bawah permukaan air laut! Jelas suara ini tidak berasal dari hewan apapun. Para ahli juga meragukan jika suara ini dihasilkan oleh aktifitas gunung bawah laut karena sangat berbeda dari biasanya (suara letusan gunung bawah laut pada umumnya).

Suara misterius diduga dari puing pesawat MH370

Ini nampaknya menjadi suara misterius terbaru yang ditangkap! Sebuah stasiun pendeteksi sinyal supersensitif milik Australia telah menangkap suatu suara misterius di tengah Samudera Hindia. Alex Duncan, ahli kelautan dari Curtin University, Perth, Australia, menyatakan bahwa kemungkinan suara itu berasal dari Boeing 777-200ER, pesawat MH370 adalah sekitar 30%. Duncan mengatakan bahwa tentu saja penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tapi mengingat suara misterius itu berupa dentuman yang berulang-ulang, patut diduga bahwa suara misterius itu berasal dari ledakan bagian-bagian pesawat yang menabrak dasar laut.

Kelima suara diatas adalah beberapa contoh dari suara-suara misterius yang belum terpecahkan hingga sekarang. Mungkin menunggumu untuk memecahkannya? Siapa tahu!

Credit: LiveScienceWikipedia: List of Unexplained SoundEVPSoundsDaily Mail.

Leave a Reply