Misteri Jembatan Rama:Apakah ini bukti akan kebenaran kisah Ramayana?

Pernahkah kamu mendengar tentang Rama’s Bridge atau Jembatan Rama? Ini adalah semacam struktur mirip jembatan sepanjang 18 mil yang menghubungkan antara dua pulau yaitu Mannar Island di Srilanka dan Pamban Island di India. Struktur ini terletak di bawah permukaan air laut dan terdiri dari rangkaian karang, batu kapur, dan tanah. Kedalaman air laut di area Jembatan Rama terbilang cukup dangkal yaitu berkisar antara 1 meter hingga 10 meter sehingga jika beberapa bagian dari jembatan dapat terlihat dengan jelas terlebih jika air laut surut.

Struktur ini dibuktikan dengan pendekatan geologi sebagai sambungan tanah antara India dan Srilanka dan diperkirakan telah berumur 1 juta tahun! Jembatan Rama telah menarik perhatian para penjelajah dan ahli geografi Barat selama berabad-abad. Mereka bahkan membuat berbagai peta yang menggambarkan jembatan ini secara detail. Dua diantara mereka adalah Mayor James Rennel dan Schwartzberg. Mereka membuat semacam atlas sejarah yang berkaitan dengan jembatan ini tidak lupa dengan menyertakan beberapa sumber lokal. Beberapa sumber lokal menyebut Jembatan Rama sebagai Sethubandha Rameswaram (ingat nama kota Situbondo di Jawa Timur yang berasal dari pelafalan jembatan Ramayana dalam bahasa Jawa).

image
Status

Status dari Jembatan Rama masih merupakan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini bahkan kebanyakan ahli sepakat bahwa struktur ini memiliki kaitan dengan epos terkenal Hindu, Ramayana. Menurut Srilankan Archeology Department, usia struktur ini kira-kira 1 hingga 2 juta tahun namun mereka tidak dapat memastikan apakah ini adalah struktur alami atau buatan.

S.U.Deraniyagala, Direktur Jenderal Arkeologi Srilanka sekaligus pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence”, berpendapat bahwa peradaban di anak benua India muncul pertama kali di daerah Himalaya sekitar 2 juta tahun silam dan oleh karena itu dia menduga bahwa Jembatan Rama dibangun oleh peradaban kuno itu.

Pendapat ahli lain

Benar-benar jembatan kuno

Beberapa ahli antropologi menduga bahwa jembatan ini benar-benar dibangun oleh suatu peradaban sangat kuno untuk bermigrasi dari India ke Srilanka. Mereka berpendapat bahwa jembatan ini dibangun selama jaman es dimana beberapa daratan masih terhubung satu sama lain. Sebagai contoh adalah benua Amerika dulunya terhubung dengan Asia oleh daratan dan Semenanjung Malaya dulunya terhubung dengan Sumatra. Ketika jaman es berakhir, es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair besar-besaran sehingga menenggelamkan beberapa daratan, termasuk Jembatan Rama. Teori ini masih perlu dibuktikan.

Hanyalah sebuah bekas daratan alami

Sarjana lain berpendapat bahwa jembatan ini dulunya adalah daratan yang akibat pergeseran lempeng bumi menjadi longsor dan tenggelam oleh air laut dan menyisakan struktur seperti yang dapat disaksikan sekarang. Hal ini dibuktikan dengan adanya rangkaian terumbu karang yang merupakan akibat khas dari erosi akibat air laut selama ribuan tahun.

Pendapat dari Centre for Remote Sensing (CRS) dari Universitas Bharatidasan

Profesor Ramasamy dari Universitas Bharatidasan melakukan penelitian pada tahun 2003 dan menyimpulkan bahwa zat karbon dari struktur Jembatan Rama nampaknya cocok dengan beberapa detail dalam kisah Ramayana. Namun dia menyatakan bahwa usia Jembatan Rama hanya 3.500 tahun, jauh lebih muda dari pendapat lain yang menyatakan bahwa usia struktur ini mencapai jutaan tahun.

Pendapat dari NASA

NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat telah mengambil citra satelit dari Jembatan Rama dan menyatakan bahwa panjang jembatan itu tidak mencapai 18 mil seperti klaim para ahli. Mereka juga menyatakan bahwa mereka tidak bertanggungjawab atas segala interpretasi atas foto-foto citra satelit yang dihasilkan.

Pendapat dari badan dunia PBB

Badan dunia PBB yang mengurusi masalah arkeologi juga meneliti Jembatan Rama dan melakukan uji karbon dengan metode Uranium Radio Isotop. Mereka menemukan bahwa usia struktur tersebut mendekati 1 juta atau bahkan 2 juta tahun!

Hubungan dengan Epos Ramayana

Menurut Epos Ramayana, Jembatan Rama adalah jembatan yang dibangun oleh pasukan kera yang dipimpin seekor kera putih bernama Hanoman. Hanoman membangun jembatan ini untuk membantu Rama dalam menyelamatkan Shinta dari cengkeraman Rahwana yang memang markasnya ada di Srilanka. Berbagai sumber yang dapat dipercaya menyebutkan bahwa Alengka, negeri Rahwana, berlokasi di Srilanka sekarang, sedangkan kerajaan Rama berlokasi di daerah India bagian utara. Tidak heran bahwa Jembatan Rama sangat dikeramatkan oleh seluruh pemeluk Hindu di dunia. Namun apakah Jembatan Rama betul-betul jembatan yang dibangun oleh Hanoman dan pasukannya? Biarlah waktu yang menjawab.

Credit: Ancient Origins,
The Epoch Times

Leave a Reply