Misteri Hilangnya USS Cyclops di Segitiga Bermuda

Ada banyak misteri dunia yang sampai saat ini belum terpecahkan. Salah satunya adalah Misteri USS Cyclops. Misteri USS Cyclops adalah misteri hilangnya sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Cyclops. Pada 4 Maret 1918, USS Cyclops menghilang secara misterius di area Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda sendiri adalah penamaan area laut yang menghubungkan tiga titik; Bermuda, San Juan Puerto Rico, dan Miami Amerika Serikat. Ketika menghilang, kapal militer ini membawa kurang lebih 300 orang.

USS Cyclops adalah kapal suplai militer yang berfungsi mengangkut batubara sebagai bahan bakar mayoritas kapal perang Amerika Serikat pada waktu itu. Kapal ini memiliki panjang 159 meter dan berat 12 ribu ton; suatu hal yang cukup fantastis pada masa itu. Kapal USS Cyclops mulai berlayar pada 8 Januari 1918 dari Pangkalan Angkatan Laut Norfolk dengan tujuan Rio de Janiero untuk mengambil suplai bijih mangan. Kapal ini tiba di Rio de Janiero Brazil pada 28 Januari dan mengumpulkan muatan selama kurang lebih 2 minggu. Setelah mengangkut muatan, kapal ini kembali ke Amerika Serikat pada tanggal 18 Februari dengan estimasi waktu perjalanan mencapai 20 hari.

USS Cyclops [8728]

Pada perjalanan pulangnya, kapal ini ternyata mengambil jalur yang berbeda dari jalur keberangkatannya dari Amerika Serikat. Kapal ini menuju ke Barbados terlebih dahulu untuk mengambil pasokan batubara. Sebenarnya pada waktu itu Gottschalk, Konsulat Jenderal AS untuk Brazil yang ikut dalam rombongan penumpang, menyarankan agar kapal langsung menuju AS namun nahkoda USS Cyclops bersikeras untuk menuju Barbados. Kapal ini akhirnya sampai di Barbados dan mengumpulkan muatan batubara selama beberapa hari.

Setelah muatan penuh pada 4 Maret, USS Cyclops berlayar pulang ke AS dan diperkirakan akan sampai di tujuan pada 13 Maret 1918 dan sejak tanggal 4 Maret 1918 itulah kapal USS Cyclops bak lenyap ditelan bumi. Berbagai regu pencari dari Angkatan Laut Amerika Serikat dikerahkan untuk mencari USS Cyclops namun mereka tidak menemukan apa-apa. Angkatan Laut Amerika Serikat mencoba melacak jejak-jejak sinyal elektronik kapal namun hasilnya adalah nihil.

 photo bermuda2_i0000e0 8729.jpg

Sampai sekarang USS Cyclops tidak pernah ditemukan dan hal ini memicu berbagai spekulasi. Kalangan penggemar UFO melontarkan spekulasi bahwa USS Cyclops “dihilangkan” oleh sekelompok alien di tengah laut namun pihak Angkatan Laut AS tidak mengakui itu dan menduga bahwa USS Cyclops diterjang oleh Gulf Stream, gelombang teluk yang sangat cepat dan memiliki aliran turbulen. Hal yang aneh adalah tidak ditemukan jejak apapun berupa serpihan kapal, barang-barang penumpang, mayat-mayat penumpang, dan apapun yang mungkin tersisa dari sebuah insiden yang menimpa kapal di tengah laut. Kita tentu telah mengetahui bahwa peristiwa Titanic meninggalkan banyak “sisa-sisa kapal” berupa jenazah, serpihan kapal, hingga perkakas rumahtangga dan beberapa botol minuman. Dalam kasus USS Cyclops tidak ditemukan satu sisapun dari bencana ini dan seolah-olah kapal ini terseret ke dimensi lain yang tidak kasat mata. Nampaknya USS Cyclops akan tetap menjadi misteri dan mungkin baru bisa dipecahkan dalam waktu yang cukup lama.

 

Credit: Navy HistoryWikipedia: Bermuda Triangle.
 

Leave a Reply