Misteri Belmez Faces: Si Wajah Semen

Belmez Faces mungkin tidak terlalu familiar bagi kita orang Indonesia namun misteri ini cukup menarik perhatian bagi masyarakat Eropa khususnya Spanyol pada era 70-an. Misteri ini bermula ketika sebuah keluarga mengklaim bahwa di lantai semen mereka terdapat wajah-wajah misterius yang muncul dan menghilang berkali-kali! Misteri Belmez Faces terjadi di rumah keluarga Pereira di daerah Belmez de la Moraleda, Spanyol. Misteri ini menarik perhatian ribuan orang termasuk para ilmuwan dan nampaknya mereka semua seakan-akan sepakat bahwa misteri ini adalah fenomena paranormal yang paling penting yang tercatat di era modern.

Wajah-wajah yang muncul di rumah keluarga Pereira tidak terdiri dari satu jenis wajah saja namun berbagai wajah. Wajah-wajah ini muncul sejak 23 Agustus 1971 dalam interval waktu yang bervariasi. Wajah-wajah ini berkali-kali difoto oleh para wartawan maupun pengunjung biasa juga para ilmuwan, sehingga misteri ini adalah satu dari sedikit misteri yang benar-benar disaksikan oleh banyak orang. Beberapa paranormal atau cenayang menduga bahwa Belmez Faces adalah fenomena thoughtography.

image

Fenomena Thoughtography

Fenomena Thoughtography adalah fenomena munculnya gambar pada sebuah permukaan yang diduga muncul dari “pikiran” seseorang. Fenomena ini sebenarnya tidak berkaitan dengan hal-hal mistis atau spiritual. Fenomena ini pertama kali diperkenalkan oleh Arthur Brunel Chatwood dalam bukunya “The New Photography”. Dalam bukunya, Chatwood menjelaskan bahwa sebuah obyek yang ditangkap retina mata manusia dapat ditransfer dalam bentuk foto dengan cara melihat pelat supersensitif. Percobaan lainnya berkaitan dengan thoughtography dilakukan oleh Tomokichi Fukurai, seorang spiritualis Jepang. Dia merancang eksperimen yang dibantu beberapa sukarelawan; salah satunya adalah Ikuko Nagao. Nagao diklaim dapat secara telepati membuat foto dalam sebuah pelat.

 photo 807B442E-0459-4751-A033-A99C96EB0D3B.png

Pendapat Skeptik

Para ilmuwan skeptik menduga bahwa wajah-wajah Belmez adalah buatan. Mereka menyimpulkan bahwa wajah-wajah itu dibuat dengan sejenis cat. Mereka menuduh keluarga Pereira membuat kehebohan dengan tujuan financial.

Analisa

Analisa ilmiah terhadap Belmez Faces dilakukan oleh beberapa pihak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hans Bender dan German de Argumosa
    Dua orang ini berkolaborasi semenjak kasus Belmez Faces mencuat. Walaupun mereka meneliti cukup lama namun anehnya tidak mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam satu laporan resmi apapun.
  • Luis Ruiz-Noguez
    Ruiz-Noguez berpendapat bahwa penjelasan masuk akal adalah penggunaan beberapa agen kimia oksidator seperti asam klorida, asam asetat, nitrat, sulfat, dan lain sebagainya.
  • ICV (Instituto de Ceramica y Vidrio)
    ICV adalah institut keramik dan kaca di Spanyol. Mereka meneliti fenomena Belmez Faces dengan menggunakan dua sampel pada tahun 1990. Mereka menggunakan tes granulometric, mineralogical, dan beberapa tes kimia. Fakta yang mengejutkan adalah ICV tidak menemukan jejak cat sedikitpun dalam wajah-wajah Belmez.

Kesimpulan

Nampaknya Belmez Faces masih menjadi misteri karena wajah-wajah misterius itu tidak pernah muncul lagi hingga sekarang. Beberapa ilmuwan mengklaim bahwa mereka adalah pemalsuan, sedangkan sebagian yang lain dengan jujur menyatakan bahwa Belmez Faces tidak terkait dengan apapun yang berhubungan dengan cat. Bagaimana dengan pendapat Anda?

Credit: Unexplained Mysteries, Wikipedia: Belmez Faces, Wikipedia: Toughtography

Leave a Reply