Manusia Laut: Bangsa penakluk misterius dari laut!

Pada akhir Zaman Perunggu, peradaban manusia mengalami perkembangan pesat, terutama yang berada di daerah sekitar Laut Mediterania. Bangsa Mycenae atau lebih dikenal sebagai Bangsa Akaia berpindah dari Balkan ke daerah perbukitan Yunani sekarang dan mendirikan sebuah peradaban yang terdiri atas sekitar 20 polis atau negara-kota. Di waktu yang bersamaan, Bangsa Het juga mendominasi Asia Kecil, daerah Turki sekarang, dan orang-orang Kanaan mengontrol daerah yang sekarang adalah Israel, Lebanon, dan Yordania. Peradaban-peradaban ini berkembang dengan pesat namun beberapa tahun kemudian, atau sekitar 1200 SM, keadaan menyenangkan ini berubah untuk selamanya!

TheSeaPeople2 [96663]

Hanya dalam satu generasi, berbagai peradaban ini hampir musnah dan kehilangan berbagai kemampuannya dalam bidang seni, arsitektur, tembikar, hingga konstruksi bangunan. Era ini dikenal sebagai era runtuhnya Zaman Perunggu, sesuatu yang masih menjadi tanda tanya bagi sebagian besar sejarawan dan arkeolog. Terdapat berbagai spekulasi penyebab kehancuran beberapa peradaban Laut Tengah itu namun penyebab paling populer adalah serangan dari sekelompok orang/bangsa yang dijuluki Manusia Laut. Serangan Manusia Laut inilah yang dianggap oleh para ilmuwan sebagai pelapang jalan bagi munculnya dua peradaban besar dunia; Peradaban Yunani dan Romawi.

 photo E93766C2-3628-44CB-B892-F42D703C66C8.jpg

Siapakah Manusia Laut itu?

Teori yang paling banyak dianut menyebutkan mereka sebenarnya adalah bangsa pelaut yang berasal dari bagian barat Asia Kecil/Anatolia. Mereka berhasil mengembangkan kemampuan militer yang akhirnya memungkinkan mereka untuk menaklukkan sebagian Anatolia dan beberapa pulau di lingkup Laut Aegea dan Laut Mediterania. Bangsa ini mendapatkan julukannya dari seorang arkeolog Prancis bernama Emmanuel de Rouge. Emmanuel de Rouge adalah seorang ahli sejarah tentang Mesir. Sebagian besar rekam jejak Manusia Laut dalam sejarah tercatat dalam sumber-sumber sejarah Mesir kuno. Sebagian besar sumber sejarah Mesir kuno hanya menyebutkan bahwa mereka adalah teror dari laut; mereka datang dengan kapal-kapal perang mereka tanpa ada satupun yang dapat menghentikannya.

Misteri

Sampai sekarang belum ada kepastian tentang siapakah sebenarnya mereka. Sebagian sejarawan menduga bahwa Manusia Laut sebenarnya adalah orang Filistin, sedangkan sebagian lain menduga bahwa mereka adalah cabang dari bangsa Mycenae sendiri dan bahkan bangsa Minoa. Pada akhirnya mereka dikalahkan oleh raja Mesir, Ramses III, dan mereka hilang dari sejarah. Sampai sekarang para ahli masih menduga-duga siapakah Manusia Laut sebenarnya dan darimanakah mereka berasal. Mereka seolah tiba-tiba muncul dan hilang dari panggung sejarah.

Credit: Ancient: Sea PeoplesWikipedia: Ramesses IIIAncient: Mycenaean Civilization.

Leave a Reply