Jersey Devil: Monster Terbang Berkepala Kuda dari Pine Barrens

Legenda Jersey Devil mungkin tidak pernah didengar oleh sebagian besar orang Indonesia. Namun di Amerika Serikat, legenda ini sangat terkenal dan menjadi salah satu dari beberapa urban legend yang tidak terpecahkan hingga sekarang. Jersey Devil adalah julukan bagi sesosok monster atau lebih tepatnya makhluk cryptid yang memiliki karakteristik berkepala kuda dengan tanduk dan memiliki sepasang sayap untuk terbang. Makhluk ini juga dijuluki Leed Devil oleh beberapa orang. Alasan mengapa disebut Jersey Devil karena monster ini muncul di wilayah Pine Barrens di New Jersey Selatan. Kisah Jersey Devil sejujurnya tidak tepat disebut legenda karena terjadi juga pada era modern yaitu hingga awal 1900-an dan disaksikan oleh tidak kurang dari 1000 orang dari 30 kota.


Awal mula

Kisah bermula dari cerita dari mulut ke mulut tentang keluarga Leeds dimana sang ibu rumah tangga memiliki banyak anak. Dia merasa frustasi dengan kondisinya yang mana dia harus mengasuh dua belas anak dan ketika hamil anak ke-13 dia bersumpah bahwa biarlah anak yang akan lahir itu menjadi iblis. Dan pada tahun 1735, sang ibu mengandung anak ke-13 dan pada suatu malam di tahun yang sama dia merasakan bahwa dia akan segera melahirkan. Malam itu hujan turun dengan derasnya dan akhirnya sang jabang bayi lahir. Pada mulanya tidak ada satu halpun yang aneh hingga bayi itu segera berubah bentuk menjadi sesosok makhluk berkepala kuda dengan sepasang tanduk dan sepasang sayap mirip kelelawar. Yang lebih mengerikan, makhluk itu memiliki ekor dengan ujung seperti garpu, mirip gambaran Iblis dalam legenda Barat! Hanya beberapa detik setelah berubah wujud dari rupa bayi, makhluk itu segera membunuh bidan yang membantu kelahirannya dan segera kabur melalui cerobong asap. Makhluk jahat itu sempat terbang mengelilingi desa selama beberapa menit sebelum menghilang di tengah kegelapan malam.

Apakah ini hanya mitos?

Kebanyakan orang jaman sekarang pasti menganggap bahwa segala desas-desus tentang Jersey Devil hanyalah mitos pedesaan belaka namun ternyata Nyonya Leeds yang dipercaya melahirkan monster ini benar-benar ada dalam arti pernah eksis dan tercatat dalam data administrasi kependudukan setempat (New Jersey). Dia tercatat bernama Deborah Leeds dan merupakan istri dari Japhet Leeds. Bahkan surat wasiat yang ditulis Japhet pada ke-12 anaknya ditemukan dan tercatat dibuat pada tahun 1736, semasa dengan awal mula legenda Jersey Devil menyeruak di masyarakat. Bagaimanapun, peristiwa kelahiran anak ke-13 atau monster Jersey Devil tidak tercatat secara resmi.

Berbagai penampakan dan insiden terkait Jersey Devil

Jersey Devil tidak muncul selama beberapa puluh tahun semenjak peristiwa kelahirannya yang menghebohkan. Dia muncul kembali pada tahun 1778 dengan disaksikan oleh komodor Stephen Decatur di kawasan Pine Barens ketika perwira laut itu tengah menguji kanon terbaru. Komodor Decatur menyaksikan di tengah-tengah awan, seekor makhluk pucat bersayap sedang terbang. Dia kemudian menembak monster itu dengan kanonnya dan peluru berhasil mengenai sayap monster itu. Anehnya, monster itu seperti tidak terluka dan bahkan terpengaruh sedikitpun akibat tembakan meriam!

Joseph Bonaparte

Joseph Bonaparte adalah kakak kandung dari Napoleon Bonaparte, sang penakluk dari Perancis. Dia pada awal 1800-an adalah raja Spanyol dan dia pernah mengaku menyaksikan Jersey Devil ketika dia tengah berburu di area Bordentown, masih di wilayah New Jersey. Kesaksiannya tercatat pada tahun 1820.

Kematian hewan-hewan ternak secara misterius

Pada tahun 1840, banyak hewan ternak di New Jersey dilaporkan mati secara misterius dan para peternak langsung mengaitkan kemalangan itu dengan Jersey Devil. Anggapan mereka didasarkan pada fakta bahwa selalu terdengar jeritan semacam makhluk aneh di malam kematian hewan-hewan ternak mereka. Kematian misterius pada ternak berlangsung hingga satu tahun berikutnya. Selain kematian ternak, beberapa orang di era 1800-an juga melihat penampakan langsung Jersey Devil namun kemunculannya tidak terlalu sering terjadi.

Menjadi headline media massa di Amerika Serikat

Pada tahun 1909, monster dari Pine Barrens ini secara mendadak menjadi headline dari banyak media massa di Amerika Serikat terkait dengan kesaksian lebih dari 1000 orang dari sekitar 30-an kota di negara itu. Laporan-laporan itu tercatat dalam rentang waktu kira-kira seminggu yaitu dari 16-23 Januari 1909. Nampaknya monster ini telah memutuskan untuk menjelajahi negara-negara bagian lain. Pada 16 Januari 1909, sekelompok orang menyaksikan Jersey Devil tengah terbang di Woodbury dan keesokan harinya penduduk Bristol di Pennsylvania juga menyaksikan penampakan yang sama. Bahkan penduduk kota Burlington menemukan jejak-jejak aneh di atas permukaan salju.

 photo 65CDDD99-BF56-42DE-A3E3-A4A5A65B53F3.jpg

Kesaksian paling rinci

Terkait dengan berbagai penampakan dalam rentang waktu seminggu itu, yaitu pada tanggal 19 Januari 1909, Nelson Evans dan istrinya, dua warga Gloucester menyaksikan apa yang disebut-sebut sebagai penampakan Jersey Devil paling detail dalam sejarah. Nelson mendeskripsikan monster itu memiliki tinggi badan hanya sekitar 1 meter dengan kepala seperti anjing dan raut wajah mirip kuda. Leher panjang dan rentang sayap sepanjang 60 cm. Kaki berjumlah dua dan mirip kaki bangau dengan cakar aneh. Makhluk aneh itu juga mengeluarkan suara menyalak seperti anjing. Evans dan istrinya kemudian mengusir makhluk itu dan kemudian makhluk itu terbang. Keesokan harinya beberapa penduduk kota Moorestwon juga menyaksikan sesosok makhluk aneh tengah terbang di langit.

Serangan di Clayton

Pada tanggal 21 Januari 1909, Jersey Devil dilaporkan menyerang sebuah mobil di Haddon Heights, sebuah komplek kecil di kota Clayton. Setelah itu beberapa orang melihat bahwa monster itu menabrak kereta api namun ajaibnya tidak mati.

Penampakan di West Coolingswood

Dua orang pejalan kaki melihat sesosok makhluk aneh mirip makhluk prasejarah sedang hinggap di atas atap sebuah rumah. Mereka kemudian memanggil para petugas pemadam kebakaran yang segera menyiram makhluk itu dengan alat penyiram jarak jauh. Makhluk itu segera terbang menjauh. Kejadian ini terjadi pada tengah malam.

Penampakan disertai penembakan di Bristol

Seorang petugas polisi di Bristol, James Sackville, tengah berpatroli malam ketika dia melihat Jersey Devil berjalan-jalan di sebuah lorong. Dia kemudian menembakkan pistolnya dan makhluk itu segera terbang menjauh.

Menyerang anjing

Beberapa hari kemudian, seorang wanita tua, Mrs. Mary Sorbinski, mendengar keributan di halaman rumahnya. Dia kemudian mengecek situasi dan mendapati anjingnya sedang diserang oleh Jersey Devil. Dia kemudian mengusir monster itu dengan sapu. Akibat serangan itu anjingnya menderita luka parah akibat gigitan dan cakaran. Ketika serangan terjadi, Mrs. Sorbinski berteriak-teriak sehingga mengundang perhatian lebih dari 100 orang yang segera berkerumun di kediamannya. Ketika mereka berkerumun dan bergunjing, mereka mendengar teriakan binatang aneh di kejauhan, di Kaigan Hill, sebuah bukit kecil dekat kota. Mereka kemudian bersama-sama dengan polisi ke arah bukit itu dan mereka semua menyaksikan sesosok makhluk terbang di kejauhan dari arah bukit.

Teror terbesar

Pada 22 Januari 1909, Jersey Devil menciptakan ketakutan di New Jersey dengan serangan-serangan dan penampakan-penampakan hingga sekolah-sekolah, pabrik-pabrik, perkantoran, dan berbagai instansi umum ditutup! Saksi sudah terlalu banyak, mulai dari rakyat biasa hingga penegak hukum dan pejabat sehingga para skeptispun tidak dapat bersuara. Bahkan kebun binatang Philadelphia sempat mengadakan sayembara berhadiah 10 ribu dolar bagi siapa saja yang dapat menangkap Jersey Devil. 1909 adalah tahun penuh teror dan semenjak itu sang monster Jersey tidak muncul selama belasan tahun hingga pada tahun 1927 ketika dia mengejutkan seorang supir taksi ketika orang itu sedang menganti ban mobilnya. Jersey Devil secara tiba-tiba mendarat di atap mobil sebelum terbang kembali.

 photo 9B1B458F-4AF0-4952-A9E4-D1F515E135EE.jpg

Tahun 1951

Pada tahun 1951, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun pingsan akibat ketakutan setelah melihat sesosok makhluk yang deskripsinya sesuai dengan Jersey Devil. Anak itu tinggal di kota Gibbstown, masih di wilayah New Jersey.

Tahun 1993

Pada tahun 1993, 42 tahun dari peristiwa anak yang pingsan di Gibbstown, seorang polisi hutan di New Jersey bernama John Irwin dikejutkan oleh seekor makhluk aneh yang tiba-tiba melompat ke atas kap mobilnya. Irwin mendeskripsikan makhluk itu sebagai sesosok makhluk aneh berkaki dua dengan kepala menyerupai rusa bertanduk. Mata makhluk itu yang merah menatap tajam ke Irwin selama beberapa detik sebelum berlari menjauh masuk ke dalam hutan.

Penampakan terakhir pada 1995

Sue Dupre, seorang wanita Jersey, dikejutkan oleh sesosok makhluk aneh yang tiba-tiba menyeberang jalan ketika dia sedang menyetir mobil. Dia mendeskripsikan makhluk itu memiliki kepala seperti kepala Armadillo. Ini adalah kesaksian tentang Jersey Devil yang terakhir, dan dengan demikian sejak kelahirannya pada tahun 1735, monster ini telah meneror New Jersey dan beberapa negara bagian lain selama 260 tahun!

Apakah Jersey Devil itu?

Seperti biasa, selalu ada lebih dari satu pendapat tentang sebuah fenomena yang belum dapat dijelaskan.

Pendapat para skeptis

Para skeptis berpendapat bahwa Jersey Devil hanyalah omong kosong para imigran Inggris yang mereka semua rata-rata berpendidikan rendah. Sebagai informasi, Pine Barrens dulunya adalah kawasan imigran dari Inggris yang cukup terisolasi. Bagaimanapun, para skeptis tidak dapat menjelaskan ratusan kesaksian selama lebih dari 200 tahun yang kesemuanya merujuk pada deskripsi yang sama.

Pendapat Paula Perrault

Wanita ini adalah seorang arkeolog. Dia berpendapat bahwa Jersey Devil sebenarnya adalah hewan biasa yang mengalami mutasi genetik akibat kandungan mineral di wilayah Pine Barrens. Hipotesanya cukup lemah karena dia tidak dapat menjelaskan bagaimana mutasi hanya terjadi pada satu individu dan itu membuatnya jadi berkepala kuda dan bersayap.

Pendapat para Cryptozoologist

Beberapa Cryptozoologist, yaitu orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk meneliti makhluk-makhluk aneh/Cryptid, berpendapat bahwa Jersey Devil sebenarnya adalah satu spesies hewan purba yang tersisa dan monster itu beranak pinak sehingga dapat meneror selama lebih dari 2 abad. Salah seorang ahli berpendapat bahwa Jersey Devil sebenarnya adalah Dimorphodon, semacam dinosaurus terbang yang mungkin masih tersisa beberapa di New Jersey. Seorang profesor bernama Barhopf percaya teori ini dan dia menduga bahwa monster purba ini mungkin berdiam di gua-gua yang memang banyak terdapat di wilayah Pine Barrens.

Tulisan Benjamin Franklin

Benjamin Franklin adalah salah satu dari empat bapak bangsa Amerika Serikat dan dia menulis pada 1730, tentang sebuah pengadilan terhadap seorang penyihir di New Jersey yang kemungkinan besar adalah Deborah Leeds, ibu dari Jersey Devil!

Pendapat Angus Gillespie

Dia adalah seorang sejarawan yang dihormati dan dia berpendapat bahwa segala kesaksian selama 260 tahun tentang Jersey Devil adalah otentik.

Jadi apakah Jersey Devil benar-benar jelmaan setan atau sebenarnya sisa-sisa dari dinosaurus terbang? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Credit: CSI Cop, Prairie Ghosts, Wikipedia: Jersey Devil

Leave a Reply