Gloomy Sunday: Lagu yang menyebabkan ratusan pendengarnya bunuh diri!

Lagu yang menyebabkan pendengarnya bunuh diri? Terkesan sangat menyeramkan dan sedikit tidak masuk akal tetapi lagu ini benar-benar ada, setidaknya tercatat ratusan orang melakukan bunuh diri tak lama setelah mendengarnya. Lagu menyeramkan itu bernama “Gloomy Sunday”. Lagu ini dianggap sebagai “lagu setan” karena dianggap telah menyebabkan kematian ratusan pendengarnya. Semua kematian disebabkan oleh bunuh diri. Hmmm…sangat menyeramkan bukan?

Secara umum, asal lagu ini tidak terlalu jelas. Menurut legenda yang banyak dipercayai orang, lagu ini diciptakan oleh Rezso Seress, seorang Hungaria. Ia menamai lagu ciptaannya dengan nama “Vege a vilagnak”. Dalam bahasa Hungaria, Vege a vilagnak berarti “dunia ini berakhir”. Lagu ini diciptakan pada tahun 1933, tepat beberapa hari setelah Perang Dunia I berakhir, sebuah momen yang sangat berkaitan dengan judul lagu ini.

img_2346
Lagu ini pada dasarnya menceritakan tema-tema perang dan kiamat, tetapi juga dipandang menceritakan tentang tema patah hati oleh sebagian pendengarnya. Tanpa alasan yang diketahui, Seress mengubah judul lagu ini menjadi “Gloomy Sunday”. Dengan sedikit aransemen tambahan dari Laszlo Zavor, temannya sesama orang Hungaria, lagu ini menjadi sangat populer. Setelah mendapat aransemen dari Zavor, lagu ini terdengar semakin melankolis.

Beberapa bulan kemudian, lagu ini dilaporkan telah menyebabkan seorang pemilik toko di Hungaria bunuh diri. Selain itu, lagu ini juga dilaporkan telah membuat seorang wanita London bunuh diri. Menurut laporan resmi kepolisian London, wanita itu mendengarkan Gloomy Sunday sebagai aktifitas terakhirnya sebelum bunuh diri. Lagu ini bertambah populer sehingga seorang Inggris bernama Billie Holiday merekam versi definitive lagu ini. Setelah mengakibatkan beberapa bunuh diri yang lain, akhirnya lagu ini resmi dilarang di Inggris, bahkan BBC menganggap lagu ini sebagai “lagu yang sangat mengganggu”. Oya, si pencipta lagu ini, Seress, dilaporkan bunuh diri juga pada tahun 1968. Dia dilaporkan bunuh diri setelah bertengkar dengan kekasihnya.

Sejak perilisannya, lagu ini telah dianggap menyebabkan kematian ratusan pendengarnya akibat bunuh diri. Lagu ini dilarang puluhan tahun hingga pada 2002, Inggris mencabut larangan penyiaran lagu ini. Wow! Bahkan negara semodern Inggris pernah melarang lagu Gloomy Sunday selama puluhan tahun! Apakah kalian berani untuk mendengarkannya? Di artikel ini telah disediakan video lagu Gloomy Sunday. Silahkan dengarkan jika berani!

Credit: MentalflossHistoric Mysteries.

Leave a Reply