Ditemukan Tulisan Kuno di Permukaan Mars! Bukti Keberadaan Alienkah atau Hanya Rekayasa?

Beberapa foto dari NASA baru-baru ini menunjukkan tulisan di batu di permukaan Mars dan beberapa batuan yang mirip patung dan bekas bangunan. Foto-foto itu diambil oleh Curiousity Rover, kendaraan penjelajah NASA di Mars. Kemunculan foto-foto ini tentu disambut dengan gegap gempita oleh para penggila UFO dan teori konspirasi, namun pertanyaannya adalah apakah benar tulisan dan bebatuan berbentuk mirip patung dan bangunan tersebut adalah bukti pernah adanya suatu peradaban di Mars?

Seperti diketahui, para penggila UFO mempercayai bahwa Mars pernah memiliki penduduk dan mereka berevolusi bahkan menjadi cikal bakal penduduk bumi. Kembali ke tulisan dan bebatuan tersebut, para kaum skeptik (kebalikan dari penggila teori konspirasi) menganggap bahwa para penggila UFO dan teori konspirasi mengalami fenomena Pareidolia. Bagi kamu yang belum tahu, fenomena Pareidolia adalah suatu fenomena dimana manusia cenderung mengintrepretasikan apa yang dilihat sebagai sesuatu yang dikenal sebelumnya. Contohnya, jaman dahulu para penduduk di Jawa kerap melihat gugusan awan di langit seolah-olah membentuk wajah raksasa Buto Ijo. Fenomena Pareidolia sangat berhubungan dengan kepercayaan, misalnya para penganut Kristen cenderung melihat wajah Yesus di obyek yang dilihat, atau para penganut Islam melihat kaligrafi berbahasa Arab, dan sebagainya.

image

Para skeptik menuduh bahwa para periset NASA menggunakan teknologi manipulasi gambar untuk memperjelas “tulisan” di batu Mars itu. Menurut salah satu netizen, hal ini dapat diketahui dengan melakukan pembesaran foto asli tulisan. Ketika dibesarkan, kita akan mendapati gambar kotak-kotak yang menyerupai hieroglif atau tulisan Mesir kuno. Menurut netizen itu, kotak-kotak itu hanyalah kotak-kotak pixel yang pecah ketika kita memperbesar suatu gambar. Tambahnya, kotak-kotak ini sengaja diperjelas dengan teknologi olah gambar dan ini terlihat ketika foto tulisan disimpan dalam format jpeg.

Sedangkan menurut Scott C Waring, salah satu editor dari www.ufosightingsdaily.com, situs yang membahas tentang fenomena UFO, tulisan dan bebatuan berbentuk mirip patung dan bangunan ini adalah bukti dari pernah adanya peradaban di Mars. Bagaimana menurut NASA? Menurut NASA, “tulisan” dan bebatuan aneh itu bukan bukti dari pernah adanya kehidupan di Mars karena walaupun memiliki kandungan air, Mars sejauh ini belum dapat dikatakan mampu memenuhi parameter-parameter kehidupan lainnya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu yakin ini adalah bukti peradaban Alien di Mars?

Credit: Higher PerspectivesWikipedia: PareidoliaDiscovery News.

Leave a Reply