Benarkah alien pernah menculik beberapa dari kita?

Kasus penculikan oleh alien merupakan satu tema misteri yang mulai populer sejak tahun 1950-an walaupun dalam sejarah, terdapat juga laporan-laporan tentang kasus penculikan oleh alien jauh sebelum era itu. Untuk lebih memahami fenomena penculikan oleh alien, artikel ini akan menyoroti satu kasus penculikan alien yang cukup terkenal di masanya dan juga tanggapan para ahli tentang apa yang dinamakan “penculikan oleh alien”.

Kasus penculikan Barney dan Betty Hill

Tanggal 19 September 1961 adalah tanggal yang tidak terlupakan oleh pasangan suami istri, Barney dan Betty Hill. Pada malam hari tanggal itu, mereka sedang berkendara dengan mobil dari Quebec menuju Portsmouth. Saat itu jalanan sangat lengang dan hanya terlihat beberapa mobil di kejauhan. Ketika mereka sampai di Groveton, New Hampshire, tiba-tiba terlihat oleh mereka, sekelebat cahaya terang di langit. Setelah melihat cahaya aneh itu mereka segera pingsan. Setelah siuman mereka menemukan diri mereka masih berada di dalam mobil. Kurang dari seminggu kemudian, Betty Hill mulai bermimpi buruk yang mengingatkan dirinya atas kejadian beberapa hari lalu. Betty kemudian menyimpulkan bahwa dia dan suaminya sempat diculik alien pada 19 September 1961.

alien

Mereka berdua kemudian melakukan sesi konsultasi dengan psikiater. Di sana mereka disarankan untuk menjalani terapi hipnotis yang bertujuan untuk mengembalikan ingatan mereka tentang peristiwa tersebut. Dari sesi hipnotis tersebut, terungkap beberapa rincian mengerikan dari kejadian tanggal 19 September 1961 itu!

Ketertarikan Media

Kisah suami istri tersebut entah bagaimana tersebar luas dan memancing perhatian khalayak ramai termasuk media lokal dan nasional Amerika Serikat. Bahkan sebuah film tentang kisah pasangan Hill juga dibuat dan pada pertengahan 90-an, The X-Files, sebuah seri film misteri, mengangkat kisah ini dalam salah satu episodenya. Walau kisah aliens abduction atau dalam bahasa Indonesia berarti penculikan alien juga kerap dilaporkan sebelum kasus pasangan Hill ini, namun kisah pasangan ini seakan menjadi pemicu kuat dari booming tentang isu aliens abduction di tengah-tengah masyarakat Amerika Serikat. Jerome Clark, seorang peneliti UFO terkenal di Amerika Serikat, menjuluki kasus-kasus alien abductions sebelum kasus yang menimpa pasangan Hill sebagai “Paleo Abductions”.

Kasus-kasus sebelumnya

Kasus H.G. Shaw

H.G. Shaw adalah seorang kolonel yang mengaku bahwa dia dan seorang temannya disiksa oleh tiga makhluk humanoid (makhluk mirip manusia) yang memiliki ciri berbadan tinggi dan berbulu lebat halus mirip kera. Ketiga makhluk aneh tersebut berusaha menculik sang kolonel dan rekannya namun gagal karena mereka melawan. Kasus ini dilaporkan di harian Daily Mail tahun 1897.

Kasus anonim di Perancis

Pada pertengahan 50-an, seorang anonim melaporkan kasus alien abduction yang menimpanya pada tahun 1921 kepada harian Paris Match. Ia mengaku bahwa dua orang bertubuh tinggi yang berpakaian mirip pakaian selam tiba-tiba menculik dan membawanya ke dalam kendaraan mirip tank. Setelah beberapa saat, dia dilepaskan kembali.

Kasus Antonio Villas Boas

Antonio Villas Boas adalah seorang petani biasa dari Brazil. Dia mengaku disekap selama beberapa saat oleh sekelompok humanoid aneh pada tahun 1957. Untuk informasi, kasus Boas dan kasus Hill adalah dua kasus alien abduction yang paling populer hingga sekarang.

Apa yang terjadi selama penculikan?

Menurut pasangan Hill (setelah mereka menjalani terapi hipnotis), mereka diculik oleh beberapa alien pendek sekitar 1,5 meter dengan kepala yang terlalu besar untuk ukuran badan mereka. Pasangan Hill juga menyebut bahwa semua alien menggunakan seragam. Deskripsi ini menjadi inspirasi bagi banyak film alien di tahun-tahun mendatang, termasuk film ET yang sangat terkenal itu.

Suami istri tersebut mengaku bahwa mereka diajak masuk ke semacam wahana terbang berwarna metalik yang berbentuk piring terbang. Dalam wahana tersebut, mereka berdua diperiksa dengan seksama dan menjalani apa yang disebut “pengambilan sampel”. Seorang alien memotong rambut Barney dan Betty serta yang lain mengelupaskan sedikit kulit ari mereka dan menaruhnya dalam sebuah gelas laboratorium. Kemudian para alien menanggalkan pakaian Betty dan menusukkan semacam jarum ke area perut. Tidak hanya itu, mereka juga mengambil sampel sperma Barney.

Setelah berbagai prosedur pengambilan sampel itu selesai, mereka berdua berbincang-bincang selama beberapa saat dengan para alien. Para alien sangat tertarik untuk menceritakan asal-usul mereka dan mengapa mereka datang ke bumi. Setelah pembicaraan selesai, mereka diantar kembali ke mobil mereka.

Pengalaman Boas sangat mirip dengan apa yang dialami suami istri Hill. Dia diculik oleh segerombolan makhluk dengan ciri serupa yang mengambil beberapa sampel dari tubuhnya. Ketika Boas sampai kembali di rumahnya, dia baru menyadari bahwa dia telah diculik selama kurang lebih 4 jam.

Para korban penculikan lain (biasa disebut abductee) juga menceritakan pengalaman yang sebagian besar mirip dengan apa yang dialami Hill dan Boas. Mereka juga melihat cahaya terang dan menjumpai makhluk-makhluk aneh berkepala besar yang mengambil beberapa sampel darah, sperma, dan kulit ari. Sebagian dari mereka mengaku bahwa alien tidak hanya mengambil sampel melainkan juga menanamkan sejenis implant ke dalam tubuh mereka.

Karakteristik khas lain dari para korban penculikan adalah bahwa mereka selalu mengalami apa yang disebut “missing time” atau rentang waktu tertentu dimana mereka tidak ingat sama sekali apa yang terjadi sebelum mereka menjalani sesi hipnotis.

Berbagai Hipotesa

Teori David Icke

David Icke adalah salah satu peneliti UFO populer. Dia meyakini bahwa hampir semua laporan tentang aliens abduction adalah benar dan sebagian dari mereka tidak terlepas dari militer Amerika Serikat. Dengan kata lain, Icke menuduh bahwa militer Amerika Serikat bekerjasama dengan para alien untuk mengembangkan hybrid antara manusia dan alien. Pendapat Icke didukung oleh sebagian kelompok pemerhati UFO yang menganggap bahwa militer Amerika Serikat tidak bisa seenaknya melakukan eksperimen medis karena terbentur hukum sehingga mereka bekerjasama dengan para alien untuk menculik warga sipil seperti Barney dan Betty Hill. Teori ini memiliki sedikit pendukung karena terlihat konyol. Tentu kamu pun akan setuju bahwa kemungkinan militer Amerika Serikat menculik warga sipil di jalan raya jauh lebih besar daripada kemungkinan mereka bekerjasama dengan para alien dari luar angkasa. Dan mengapa para alien membutuhkan bantuan militer Amerika Serikat untuk menculik manusia? Bukankah setiap alien yang mendarat di bumi memiliki peradaban yang jauh lebih canggih dibanding peradaban paling modern di bumi?

Pendapat Dr. John Edward Mack

Dr. John Edward Mack adalah seorang psikiater senior dari Harvard University. Dia tidak memiliki latar belakang sebagai pecinta UFO dan dia adalah seorang rasional yang telah menulis tidak kurang dari 150 artikel ilmiah. Salah satu bukunya bahkan memenangkan Pulitzer Prize dan oleh karena itu pendapat dia patut diperhitungkan secara serius oleh siapa saja.

Dr. Mack tidak ingin berasumsi terlalu jauh. Dia mengadakan sesi wawancara dan terapi pada 800 sampel, yaitu orang-orang yang mengaku pernah diculik alien. Setelah beratus-ratus sesi wawancara dan terapi, Dr. Mack menyimpulkan bahwa para abductee tidak memiliki keanehan psikologis apapun. Dengan kata lain, psikiater senior dari Harvard ini mengatakan bahwa mereka tidak berbohong dan apa yang mereka alami adalah nyata. Dr. Mack menulis dua buku tentang alien abduction dan menyelenggarakan sebuah debat ilmiah tentang kasus ini di Massachusets Institute of Technology (MIT) yang terkenal itu.

False Memory<

False memory adalah istilah yang digunakan oleh mereka yang skeptis untuk menanggapi pengakuan para abductee di bawah pengaruh hipnotis. Para ahli dengan sikap skeptis menduga bahwa walaupun tidak berbohong, pasangan Hill mungkin telah mengalami false memory atau “memori palsu”. Memori palsu adalah ingatan terhadap pengalaman yang sebenarnya tidak pernah terjadi namun benar-benar dipercaya sebagai kenyataan. Untuk informasi bagi kamu, dalam dunia psikiatri, false memori atau memori palsu mungkin dialami oleh siapa saja yang menjalani terapi hipnotis.

Para skeptis mencontohkan pengakuan Barney bahwa para alien yang menculiknya memiliki mata aneh dengan kelopak menutup melingkar. Ternyata alien dengan fitur seperti itu ditampilkan dalam film tentang alien “The Outer Limits” yang diputar kurang lebih 12 hari sebelum peristiwa penculikan Barney dan istrinya. Dengan demikian mungkin saja deskripsi Barney sedikit banyak dipengaruhi oleh film yang kemungkinan besar pernah ditontonnya. Tidak hanya dari ingatan yang campur aduk, memori palsu juga dapat disebabkan oleh sugesti dari sang penghipnotis. Beberapa ahli hipnotis diketahui mampu membimbing “para pasiennya” untuk memikirkan obyek tertentu.

Schizoprenia, Halusinasi, dan Obat-obatan

Sebagian psikiater menduga bahwa para abductee menderita semacam gangguan jiwa semacam schizo prenia yang dapat menimbulkan berbagai halusinasi. Beberapa ahli bahkan menduga bahwa sebagian besar abductee adalah pecandu. Rick Strassman adalah salah seorang psikiater yang mendukung teori ini. Dia, pada 1988, melakukan sebuah eksperimen dimana ia menyuntikkan cairan Dimethyltryptamine (DMT) pada beberapa sukarelawan. Beberapa saat setelah disuntik, mereka mengalami ingatan-ingatan yang mirip dengan apa yang diceritakan para abductee. Teori ini cukup menarik namun membayangkan semua abductee yang berjumlah ratusan adalah pecandu narkoba atau penderita gangguan jiwa adalah hal yang mengada-ada.

Carl Sagan

Carl Sagan adalah seorang astronom berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menulis sebuah buku berjudul The Demon Haunted World. Dalam buku itu, dia menyebutkan bahwa kasus-kasus alien abduction dan cerita-cerita tentang penculikan oleh iblis di Asia dan Afrika memiliki kesamaan. Walau kisah-kisah kuno di Asia dan Afrika tidak mencantumkan wahana luar angkasa namun mereka memiliki kesamaan yaitu adanya makhluk lain yang berkomunikasi dan melakukan eksperimen tertentu. Bagaimanapun, pernyataan Sagan tidak mendeskripsikan secara jelas apakah kasus alien abduction yang terjadi di abad modern benar-benar terjadi.

Penjelasan tentang implant yang ditanamkan ke dalam tubuh pada abductee

Sebagian dari abductee yang mengaku bahwa dalam tubuh mereka telah ditanamkan semacam implant oleh alien telah diperiksa dengan seksama oleh para peneliti. Para peneliti sejauh ini belum menemukan implant yang benar-benar terbuat dari sesuatu yang berasal dari luar bumi. Bahkan mereka juga tidak menemukan sesuatu yang spesial di antara berbagai implant tersebut. Salah seorang abductee yang sekaligus peneliti UFO, Whitley Strieber, yang sebelumnya bersikukuh mengaku bahwa dia pernah diculik dan ditanamkan implant oleh alien, menjalani operasi pengangkatan. Setelah diangkat, implant Strieber ternyata hanyalah potongan collagen biasa. Dia kemudian menyadari bahwa dia sendiri tidak memiliki bukti konklusif apapun terkait kasus penculikan oleh alien yang menimpa dirinya, begitu pula para abductee lain. Pertanyaannya adalah apakah Strieber dan para abductee lain sengaja berbohong, berhalusinasi, atau memang benar-benar pernah diculik oleh alien? Jika berbohong, mengapa Strieber rela menjalani operasi pengangkatan implant yang memiliki implikasi membantah semua ucapannya?

Leave a Reply